Warga Binaan Lapas Kelas IIA Kotabaru Terima SUKMA dari Sekda Kotabaru

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, KOTABARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru serahkan Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) Program Pendidikan Keaksaraan Dasar kepada Waga Binaan Lapas Kotabaru di Aula Cendrawasih, Lapas Kelas IIA Kotabaru, Rabu (21/02/2024).

Sebanyak 20 Warga Binaan berhak menerima surat keterangan melek aksara (SUKMA) tahun 2024 yang telah menjalani ujian keaksaraan dasar.

Program ini berlangsung sejak kepimpinan Lapas Kotabaru Yosef Benyamin Yambise pada awal tahun 2022 hingga 2023, dan telah meluluskan 119 Warga Binaan dari buta aksara.

Dalam pemberian SUKMA ini, Sekda Kotabaru Said Akhmad sangat mengapresiasi atas pembinaan yang sudah dilakukan oleh Lapas Kotabaru dengan pendekatan humanis yang dilakukan oleh Kalapas Kotabaru dengan jajarannya telah berhasil membuat pembinaannya berjalan sangat baik.

“Salah satunya pemberantasan buta aksara, hal ini juga turut membantu program Pemerintah Daerah untuk pemberantasan buta aksara,” ujar Sekda

Sekda juga menambahkan, pihaknya selalu siap membantu apa yang diperlukan untuk mendukung program pembinaan yang ada di lapas Kotabaru.

Ditempat yang sama, Kalapas Kotabaru Yosef Benyamin Yambise mengungkapkan, bahwa Lapas Kotabaru berkomitmen penuh untuk memanusiakan manusia lewat berbagai kegiatan pembinaan yang terbaik bagi warga binaannya.

“Yosef mengatakan, bahwa Kami Lapas Kotabaru selalu berupaya melakukan pembinaan yang terbaik, salah satunya pemberantasan buta aksara,” Terangnya

Ia, menambahkan hal ini bisa membantu pemerintah untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang sudah di amanatkan oleh UUD 1945. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Sekretaris daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam hal penyerahan SUKMA, salah satu warga binaan Iwan yang menerima SUKMA merasa terharu dan bahagia adanya program Pendidikan keaksaraan dasar yang telah dilaksanakan oleh Kalapas Kotabaru, bersama teman-temannya

“Diluar dugaan, teman-teman Saya kini bisa membaca dan menulis, ini berkat bimbingan Kalapas Kotabaru. Saya atas nama teman-teman mengucapkan terimakasih kepada ” Ayah “mereka, yakni Yosef Benyamin Yambise Kalapas Kelas IIA Kotabaru beserta jajarannya atas program ini.” Ucapnya dengan perasaan terharu.

Selain penyerahan SUKMA program pendidikan keaksaraan dasar, Sekda Kotabaru juga membuka langsung Kegiatan Pelatihan Bahasa Isyarat yang diikuti oleh Pegawai Lapas Kotabaru dan warga binaannya.(rz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan