#

Walau Hanya Berdayakan Lebih Banyak Guru Honorer, SMP Negeri 1 Rumbia Torehkan Sejumlah Prestasi

  • Bagikan
Kepala UPT SMP Negeri 1 Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, H. Badulu, S.Pd, M.Pd

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Kepala Sekolah Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMP Negeri 1 Rumbia, H. Badulu B, S.Pd, M.Pd, mengakui sekolahnya lebih banyak memakai tenaga guru honorer dibandingkan guru PNS.

Hal ini ia ungkapkan kepada Cakrawalanfo, Senin (10/1/2022), di Ruangannya, di SMP Negeri 1 Rumbia, Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

“Di SMP Negeri 1 Rumbia siswanya 404, sedangkan tenaga pengajar guru PNS hanya 6 orang, lebih banyak guru honor 32 orang,” ungkap Badulu.

Menurut Badulu, tinggal mengelola bagaimana memberdayakan guru honor supaya bisa juga sejahtera. “Meskipun mereka guru honor, akan tetapi tanggung jawabnya sama dengan PNS,” katanya.

Untuk itu, kedepanya ia berharap untuk mendapatkan guru PNS jikalau ada mutasi di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto.

Walaupun lebih banyak guru honorer, akan tetapi SMP Negeri 1 Rumbia meraih guru berprestasi dengan peringkat juara dua tingkat Kabupaten Jeneponto.

“Alhamdulillah Minggu lalu SMP Negeri 1 Rumbia meraih predikat guru berprestasi tingkat Kabupaten yaitu pak Wawan, S.Pd, M.Pd, melalui penilaian kompetensi guru. Mulai dari kompetensi kepribadian, professinalisme, dan sosial. Ia nantinya akan mewakili Jeneponto di tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Selain itu, Kepsek SMP Negeri 1 Rumbia, Badulu juga menekankan siswanya kepada pembinaan akhlak dan karakter. “Siswa harus pintar dan tidak pato-toai (tidak kurang ajar),” tegasnya.

“Makanya kita di sekolah ini punya jadwal sholat berjamaah digilir. Setiap dua kelas satu hari lantaran tidak muat di Mushalla. Ada juga program Kemendikbud profil pelajar Pancasila mottonya cerdas berkarakter itu kita jalankan,” terangnya.

Badulu menambahkan, selain gurunya berprestasi, dirinya pun termasuk salah satu kepala sekolah berprestasi di Kabupaten Jeneponto.

“Alhamdulillah pada tahun 2019 lalu, saya meraih kepala sekolah berprestasi tingkat Kabupaten Jeneponto dengan predikat peringkat juara satu dan kami mendapat banyak piagam dan piala saat itu. Kategorinya itu secara umum yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Yang susah itu yang kategori pertama dan terakhir,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *