VIDEO: Banyak Sampah Plastik, Relawan Ini Bersihkan Gunung Merbabu

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.id, MAKASSAR – Permasalahan sampah adalah hal yang serius, dan harus diperhatikan oleh siapapun. Tak hanya sampah plastik, juga sampah-sampah yang membuat pencemaran lingkungan sekitar kita.

Apalagi sampah yang berserakan di tempat-tempat wisata, hal ini menjadi perhatian serius, sembari menikmati panoramanya alam, ada kalanya juga kita tetap menjaga lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

Hal inilah yang membuat para pelawan MT Merbabu melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Gunung Merbabu.

Kegiatan itu dikabarkan telah dilakukan dua kali selama bulan November 2019.

Bermula pada tanggal 5-6 November 2019, dan ini dilakukan di Sabana jalur pendakian Selo.

“Hasilnya sampah sebanyak 2,1 Kwintal yang terdiri dari sampah dari, plastik, tissue basah, botol mineral, bekas botol kaca, dan beberapa atribut/banner komunitas” katanya ditulis pada akun resmi instagram official, @tngunungmerbabu_official.

Sementara aksi bersih-bersih keduanya, ini itu dilanjutkan pada 18 November 2019.

Para relawan ini fokus melakukan pembersihan sampah di pos 3 dan pos 2 jalur pendakian Selo.

Hasilnya mengejutkan, banyaknya sampah plastik dan botol bekas yang berisikan air kencing.

“Berat sampah yang terkumpul sebanyak 1,1 Kwintal dari 51 botol berisi urin dengan volume rata-rata 0,5 per botol. Saat yang bersamaan dilakukan juga kegiatan pembersihan vandalisme, di plat/papan pohon, petunjuk sepanjang jalur pendakian Selo,” sambungnya.

Petugas pun mengingatkan pendaki untuk menjaga kebersihan, ini agar sampah plastik, atau sampah lainnya di Gunung Merbabu berkurang atau bahkan tak ada lagi.

Editor     : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan