Satlantas Polres Kotabaru, Berikan Imbauan ke Pengguna Sepeda Listrik Pada Tempatnya

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, KOTABARU – Polres Kotabaru, Polda Kalsel, Kapolres Kotabaru AKBP Dr Tri Suhartanto melalui Kasat Lantas IPTU Royke Noldy Darean berikan himbauan kepada warga yang pengguna sepeda listrik, saat ini banyak berkeliaran di jalan raya, Sabtu (18/5/24).

Kasat Lantas Polres Kotabaru IPTU Royke Noldy Darean, mengatakan Satlantas Polres Kotabaru telah memasang baliho atau spanduk terkait himbauan kepada masyarakat Kotabaru tentang pengunaan sepeda listrik dijalan umum.

“Royke juga menerangkan bahwa pihak kepolisian memberikan himbauan kepada para pelajar dan orang tua agar untuk tidak menggunakan sepeda listrik dijalan raya,” Ucap Royke.

Hal ini sejalan dengan peraturan daerah Mentri Perhubungan Nomor 45 tahun 2020 yang mengatur tentang larangan penggunaan sepeda listrik oleh anak dibawah usia 12 tahun.

“Aturan ini menyatakan bahwa penggunaan sepeda listrik diperuntukan dalam komplek, tidak dipergunakan pada jalan raya atau jalan umum,” ujarnya.

Sebab pengguna sepeda listrik tersebut sangat membahayakan dan bisa mengakibatkan kecelakaan, terlebih lagi, pengguna sepeda listrik tidak memakai kelengkapan seperti kaca sopion, helm dan klakson.

“Oleh sebab itu, jelasnya, Ketika masyarakat atau anak-anak memakai sepeda listrik dijalan umum bukan pada tempatnya ini akan kami berikan teguran,” jelasnya

Kasat lantas juga menghimbau kepada masyarakat maupun pada anak-anak agar para orang tua bisa memberikan himbauan kepada anak-anak agar tidak menggunakan sepada listrik dijalan umum.

“Sebab peran orang tua sangatlah penting dan mengingatkan karena sepeda listrik bukan pada tempatnya bisa membahayakan bagi pengguna jalan dan bagi diri sendiri,” pungkasnya.(rz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan