Sabet Juara Provinsi, Posyandu Belay Kasih Jeneponto Dinobatkan Jadi yang Terbaik

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO –
Tahun 2022, prestasi gemilang ditujukkan Posyandu Belay Kasih yang terletak di Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto.

Itu karena Posyandu Belay Kasih mampu menembus juara satu pada tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Posyandu terbaik.

Kepala Puskesmas Binamu Kota Aliem Bahcri mengatakan perhargaan itu didapatkan saat mengikuti lombah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di kota Makassar.

“Posyandu Belay Kasih Binaan Puskesmas Binamu Kota membanggakan Jeneponto dengan meraih juara 1 lomba posyandu HI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan mendapat penghargaan posyandu HI terbaik Kabupaten Jeneponto,” kata Aliem Bahcri saat dihubungi, Senin (21/11/2022).

Adapun yang menjadi landasan penilaian ini yakni peran lintas sektoral yang sangat bagus. Apalagi, posyandu belay kasih merupakan posyandu percontohan yang ada di Butta Turatea ini.

“Peran lintas sektoral yang bagus dalam menunjang inovasi dalam peningkatan layanan Posyandu,” jelasnya.

Secara selektif, kata dia, sejumlah posyandu yang nota benenya adalah binaan Puskesmas Binamu Kota sudah beberapa kali mengharumkan nama Jeneponto.

“Alhamdulillah kegiatan in menjadi model kali pertama di Jeneponto tahun 2014 dann telah mewakili Kabupaten Jeneponto dengan meraih juara harapan 1 tahun 2016 dan juara 1 tahun 2022,” ucapnya.

Meski demikian, kata dia, keberhasilan ini tak lepas dari semua dukungan pihak-pihak terkait.

Sementara itu, Ketua Kader Posyandu Agus Rizal menyampaikan bahwa Posyandu Belay Kasih terintegrasi dengan Satuan Pendidikan (PAUD) sejak tahun 2014 dan menjadikan PAUD sebagai hubungan dalam kegiatan berbasis masyarakat.

“Dampak minat masyarakat datang ke posyandu semakin besar dan anak-anak yang senang datang proses posyandu, serta kemampuan kader menjadi lebih baik karena berfungsi sebagai pendidik Paud,” terangnya.

Tak hanya itu, Posyandu Belay Kasih belum lama ini telah menerima kunjungan study pengembangan dari TP-PKK Kabupaten Pangkep yang tersebar di 14 kecamatan sekitar 50 orang.

“Prestasi yang diraih tak lepas dari peran dan integrasi lintas sektoral seperti TP-PKK, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Himpaudi, Kejaksaan, Lembaga Pattiro Jeka dan sektor-sektor lainnya,” kata dia.

Selain itu, pada HKN tahun ini ada beberapa penghargaan yang diperoleh Puskesmas Binamu Kota. Salah satunya, menjadikan Kelurahan Balang juara satu pada lomba panggung inovasi pencegahan stunting.

“Beberapa staf Puskesmas Binamu Kota terpilih sebagai nakes teladan serta beberapa juara pada lomba pekan olahraga dan seni dalam memperingati hari kesehatan nasional ke-58,” pungkasnya.

Penulis: Akbar RazakEditor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *