Rangkaian Hari LH, Dinas LH Kotabaru Menggelar Aksi Pesisir Berseri

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, KOTABARU – Salah satu rangkaian Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru menggelar aksi PERI atau Pesisir Berseri, pada Sabtu, 8 Juni 2024 bertempat di Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru.

Dalam aksi bersih-bersih pesisir ini, diikuti oleh Instansi Pemerintah, TNI-POLRI, beserta beberapa perusahaan, pelajar, mahasiswa, TPS3R dan warga Desa Sarang Tiung dengan jumlah kurang lebih 200 orang yang terlibat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas LH Kabupaten Kotabaru, H. M. Maulidiansyah melaporkan pada pembukaan acara bahwa kegiatan pada hari ini salah satu rangkaian Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Kotabaru, dengan beberapa aksi lainnya seperti bersih-bersih sungai, penanaman pohon dan Mangrove, serta berbagi-bagi bibit, lomba photo, pemberian penghargaan bagi insan lingkungan, uji emisi gratis

“Dimana puncaknya nanti jatuh pada tanggal 13 Juni 2024 sekaligus peresmian Gedung Laboratorium Lingkungan Hidup Kotabaru,” Ucap Maulidiansyah

Momen hari ini juga bertepatan menyambut Event Kejuaraan Paralayang Tingkat Dunia Seri 3 dengan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74 yang akan di gelar di Bukit Mamake SJA Hill Kotabaru dan pantai Desa Sarang Tiung sebagai lokasi pendaratannya atau leanding landasan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Kotabaru Sayed Jafar disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Murdianto, M.Si, menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya aksi bersih-bersih pesisir oleh Dinas LH bersama perusahaan dan masyarakat.

“Mengingat pantai atau pesisir merupakan bagian dari ekosistem lingkungan hidup yang menjadi bagian terbesar di wilayah Kabupaten Kotabaru yang masih perlu mendapat perhatian dan menjaga kelestariannya,” Ungkapnya

Selain menggelar aksi mengumpulkan sampah, kegiatan pesisir berseri ini juga mengadakan speech campaign dari beberapa perusahaan terkait penanganan lingkungan di perusahaannya masing-masing.

“Yakni dari PT. Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru, Mubadala Energy, dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Tarjun dengan kuis berhadiah untuk para pelajar dan mahasiswa,” tambahnya

Yang ikut dalam berpartisipasi dalam aksi Pesisir Berseri tersebut seperti Satuan Polairud Polres Kotabaru, Babinpotmal Lanal Kotabaru, Kodim 1004/kotabaru, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kotabaru.

“Serta Pemerintah Desa Sarang Tiung dan jajaran Kecamatan Pulaulaut Sigam, Politeknik Kotabaru, STKIP Paris Barantai, STIT Darul Ulum, SMKN 1 Kotabaru, SMPN 4 Kotabaru, SDN Sarang Tiung, PT. Arutmin Senakin dan NPLCT, PT. ITP Tarjun, Mubadala ENergy, PT. Pertamina, AKR Corporindo SDG International Pulaulaut Refinery, dan lain-lain.” Pungkasnya.(rz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan