PT PTK Sungai Durian Terima Anugerah Penghargaan Kategori Emas dari Wapres RI di Ajang PDB Awards Kemendes PDT dan Transmigrasi

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, KOTABARU – Sebuah kehormatan bagi Management PT. Pelsart Tambang Kencana (Pelsart) Sungai Durian, Kotabaru telah menerima anugerah penghargaan kategori Emas dari Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin dalam ajang CSR Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) pada Award Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Tahun 2024.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Direktur PT Pelsart Tambang Kencana (PTK) Kotabaru Yustinus Widodo dihotel Westin Jakarta, Sabtu (11/05/24).

Adapun program yang diikutsertakan oleh Pelsart adalah pemanfaatan guntung sebagai upaya pemenuhan air bersih desa, yang mana bagian dari program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diamanatkan oleh Kepmen ESDM Nomor 1824 tahun 2018.

Pt Pelsart juga menginisiasi program air bersih tersebut untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari masyarakat Lingkar Tambang.

Management PT Pelsart melalui Manajer CSR Septamto L. Inkiriwang mengtakan program air bersih ini menyasar kepada pemenuhan air bersih melalui sumur pemboran, yaitu pemanfaatan air tanah dalam (60-120 m di bawah permukaan) yang kualitas dan kuantitasnya lebih terjamin keberlanjutan

“Penerima manfaat program ini sebanyak 120 serta beberapa fasilitas umum seperti Sekolah, Kantor Polsek, Puskesmas, Pasar Induk dan Masjid di Desa Lingkar Tambang,” Ungkapnya

Beliau, juga mengungkapkan penyelenggaraan pengelolaan air bersih ini, PT. Pelsart juga melakukan pendampingan kepada masyarakat melalui pihak Kecamatan, aparat Desa, agar masyarakat mendapatkan manfaat yang terus menerus dengan keberadaan fasilitas ini.

“Untuk itu, Kami juga berharap agar BUMDES terlibat dalam memaksimalkan pemanfaatan air bersih ini kepada masyarakat yang lebih luas,” Ucap Septamto.

Program air bersih ini sebagai bagian dari sumbangsih dan kontribusi perusahaan dalam membantu memenuhi kebutuhan air bersih.

“Semoga Program ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar perusahaan.” Pungkasnya.

Dikesempatan itu, Camat Sungai Durian Raden Rahmad Tri kusuma mengucapkan apresiasi kepada PT Pelsart Tambang Kencana yang telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa.

“Memang selama ini, Kami dari pihak Kecamatan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Pelsart yang tujuannya untuk masyarakat selalu kami dukung dan sport,” ujar Camat Raden Rahmad.

Sementara itu tokoh masyarakat Desa Buluh Kuning Kecamatan Sungai Durian Uu mengatakan, Kami selalu memberikan dukungan kepada PT Pelsart Tambang Kencana setiap ada kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh PT. Pelsart.

“Apalagi setiap keluhan masyarakat, PT Pelsart selalu memberikan bantuan dan kontribusi seperti penyediaan air bersih, menyediakan IPA distribusi yang diperlukan untuk melayani 16 KK yang ada di lingkaran Guntung dan masyarakat penerima manfaat lainnya yang berada di Desa Buluh Kuning dan sekitarnya, ” Ucap Uu

Selain itu, Kami juga mendapatkan fasilitas air bersih sehingga pada saat musim kemarau tiba masyarakat tidak perlu lagi membeli air bersih.

“Tidak hanya menerima program air bersih saja, PT. Pelsart juga menerima Anugerah Kategori Outstanding untuk Kategori Perorangan yang diterima langsung oleh Kartiman sebagai Petani Pertanian Organik.” Tuturnya

Dari 90 lebih peserta hanya ada 4 perusahaan yang mendapatkan Kategori Oustanding Award dan salah satunya adalah PT Pelsart Tambang Kencana (PTK) Sungai Durian.

“PT. Pelsart adalah sebuah perusahaan pertambangan berlokasi di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, yang saat ini masih dalam tahapan konstruksi infrastruktur pertambangan.” Tutupnya.(rz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan