Pengurus DPD JOIN Gowa Gelar Diskusi Pembinaan Anggota

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, GOWA- Penyegaran bagi anggota Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dilaksanakan di lokasi wisata Kurcaci, Kota Wisata Malino. Sabtu 18 Maret 2023, dengan menghadirkan Zulkarnain Hamson
Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) JOIN Nasional.

Acara dikemas dalam bentuk dialog dengan bertjuan memberikan pemahaman yang baik pada metode penulisan berita dan akurasi fakta.

Kali ini diselenggarakan Hendra Ketua DPD JOIN Gowa. Sedianya akan diikuti 25 peserta namun karena kesibukan masing-masing hingga menjelang sore dihadiri 25 peserta. Diselenggarakan dengan metode diskusi aktif, papar Hendra.

Diskusi dibuka dengan penyegaran pada fakta berita, yakni fakta empirik, fakta publik, fakta psikologis dan fakta opini. Jurnalis diingatkan tentang pentingnya memahami fakta sebelum menulis berita, materinya dibawakan Zulkarnain Hamson. Dilanjutkan dengan pemahaman dan penerapan etika dalam penulisan berita. Kekeliruan penulisan berita dikarenakan kurangnya pemahaman pada fakta dan etika.

“Pemberlakuan standar kompetensi jurnalis oleh Dewan Pers penting untuk menunjang perbaikan mutu berita,” ujar Zulkarnain Hamson, sembari menambahkan sekalipun yang penting dipahami bukanlah sertifikasi yang utama, melainkan pemahaman dan pengetahuan akan fakta dan etika berita.

Sesi malam penyegaran dilanjutkan dengan pembahasan etika, oleh Ketua DPD JOIN Kabupaten Takalar, Kemal Situru. Dibagi menjadi dua sesi etika profesi (Kode Etik Wartawan Indonesia) oleh Zulkarnain Hamson, dan Kode Etik organisasi JOIN, oleh Nurdin Achmad, Ketua yang membidangi Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotan (OKK).
yang bertanggung untuk melakukan pembinaan anggota, ujar Nurdin.

JOIN sudah berada di 15 kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan, dengan kurang lebih 350 anggota. Sejak 2018. Pusdiklat JOIN telah meluluskan 2.300 lebih alumni, baik jurnalis maupun profesi lainnya.

Tercatat 500 lebih jurnalis dari tiga organisasi wartawan, anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Dosen, Aparat Sipil Negara (ASN) Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

Semua lembaga itu di 12 kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Menurut Direktur Pusdiklat JOIN Nasional, periodenya akan berakhir di 2023, sehingga akan dipilih direktur baru yang menggantikan Zulkarnain Hamson, yang juga dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Makassar.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) JOIN Sulsel, Dr. Arry Abdi Syalman, yang sedang berada di Jepang, menyambut baik aktivitas DPD JOIN Gowa. Sekretaris Sudarman Djoni dan Bendahara Umum Irma, yang sedang bertugas di Sulawesi Barat, menyatakan dukungan pada giat JOIN Gowa tersebut.(*)

Penulis : Kadir A Setiawan
Editor. : Poppy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan