Pemkab Jeneponto Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, Iksan Iskandar: Petanda Kita Beri Informasi yang Baik

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto berhasil meraih peredikat kategori “Cukup Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulawesi Selatan pada pagelaran penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2022 kepada Pemerintah Daerah yang informatif.

Pertemuan itu dilaksanakan di Hotel Sandeq Ballroom Claron Makassar, Jumat 2/12/2022 Malam.

Penghargaan itu diserahkan oleh Asisten III Pemrov Sulawesi Selatan Tautoto T Ranggina didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel, Pahir Halim.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyampaikan rasa syukur atas diraihnya kategori cukup informatif untuk Kabupaten Jeneponto dalam penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik.

“Alhamdulillah kita dapat menerima award dari Komisi Informasi Provinsi Sulsel, dengan Predikat cukup informatif, hal sebagai pertanda bahwa kita telah memberikan informasi yang baik dan akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan” kata Iksan didampingi Plt Kadis Kominfo Mustaufiq saat penerima penghargaan.

Orang nomor satu di Butta Turatea itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPID Utama, PPID pelaksana seluruh OPD dan kecamatan yang sudah berpartisipasi aktif sekaligus bersinergi dalam pengelolaan PPID.

Predikat cukup informatif tersebut diberikan karena Kabupaten Jeneponto dinilai mampu memberikan informasi kepada publik dengan transparan dan akuntabel.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Mustaufiq, juga menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat.

Menurutnya selain adanya sistem yang bekerja sesuai SOP, keterlibatan media dan para jurnalis dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

“Keterlibatan media dalam memberikan informasi sangatlah menunjang kerja-kerja pemerintah daerah dalam mencapai keterbukaan informasi ini,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Komisi Informasi Sulawesi selatan Pahar Halim mengapresiasi pemerintah daerah yang terus berbenah dalam menyajikan keterbukaan informasi bagi masyarakat.

Menurutnya bahwa penghargaan ini diberikan dari hasil monitoring & evaluasi pemeringkatan KIP, serta penilaian berdasarkan fakta-fakta di lapangan, check and recheck oleh Tim Independen.

“Sehingga diharapkan menjadi sarana introspeksi untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik,” kata Ketua Komisi Informasi Sulsel Pahar Halim.

Ada 5 Kriteria penghargaan yang diberikan kepada badan publik, yakni kabupaten informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif, dan tidak informatif.

Selain kabupaten Jeneponto, Anugerah Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Pemkab/Kota Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Tahun 2002 diikuti beberapa daerah lainnya seperti Pemkab Luwu Timur, Pemkab Luwu Utara, Pemkot Pare-pare, Pemkab Pinrang, Pemkab Sidrap, Pemkab Maros, Pemkab Sinjai, Pemkab Luwu, Pemkab Pangkep dan Pemkab Soppeng.*(Firman)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *