Pelatihan Petani Sawah Rampung, Kadis Pertanian Yahukimo: Terima Kasih Sidrap

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, SIDRAP – Pelatihan/magang petani sawah dari Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan di Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan, berakhir Kamis (27/7/2023).

Serangkaian kegiatan dilalui 32 orang peserta pelatihan yang datang di Bumi Nene Mallomo, julukan Kabupaten Sidrap, sejak Selasa (25/7/2023) lalu.

Para peserta berkesempatan belajar menyeleksi benih padi dan menanam sistem tanam benih langsung (tabela) di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo, Rabu (26/7/2023).

Selanjutnya di lokasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kulo, mereka berlatih melakukan pemupukan kedua.

Mereka dibimbing Kepala BPP Kulo, Bahman, PPK Kecamatan Minarsih, dan Fungsional Kabupaten Kamaruddin.

Sehari setelahnya, rombongan peserta yang dipimpin Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Yahukimo, Riswanjaya Tandibiring berkunjung ke Desa Takkalasi, Kecamatan Maritengngae.

Di salah satu lahan persawahan, mereka menyaksikan langsung panen padi menggunakan mesin pemanen padi atau combine harvester.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Sidrap, Ibrahim, dan Kabid Kepala Bidang Sarana dan Prasarana DTPHPKP Sidrap, Suryanto, hadir mendampingi peserta.

Tampak pula, Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (IP3-OPT) Tiroang, Abdul Rahman Runa, Kepala BPP Maritengngae, Musfiani, Kepala Desa Takkalasi dan petani setempat.

Di hari yang sama, rombongan mengunjungi penggilingan beras modern PB Makkulawu, di Kecamatan Tellu Limpoe. Penggilingan beras ini telah dilengkapi merin pengering padi.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Yahukimo, Riswanjaya Tandibiring menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sidrap, terkhusus DTPHPKP yang memfasilitasi para peserta pelatihan.

“Selama tiga hari ini kami diterima dengan baik, kami puas dengan pelayanan dan ilmu-ilmu terkait tanaman padi. Apa yang ditargetkan dalam pelatihan ini terpenuhi. Terima kasih Sidrap,” katanya.

Sebelumnya diberitakan rombongan peserta pelatihan/magang petani sawah dari Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan, tiba di Kabupaten Sidenreng Rappang, Selasa (25/7/2023) lalu.

Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Sidrap, H. Dollah Mando di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sidrap kami sampaikan datang, suatu kehormatan memilih Sidrap sebagai lokasi pelatihan. Kami terbuka untuk bertukar informasi dan pengalaman utamanya di sektor pertanian. Silakan gali informasi pertanian sebanyak-banyaknya di sini, semoga bermanfaat,” tutur Dollah saat penyambutan. (*)

Penulis: Kadir A Setiawan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan