Meriahkan Karnaval Jambore Bontoramba, Pemdes Lentu Tampilkan Hasil Pertanian

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO- Jambore tingkat Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, Sulsel, mulai digelar sejak dibuka oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar. Kegiatan berbagai macam telah dilakukan dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia RI yang ke 77.

Sehari sebelum pengibaran bendera merah putih, Pemerintah Kecamatan Bontoramba itu mengelar gerak jalan dan Karnaval bagi unsur Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Sejak pagi hingga menjelang siang, peserta Gerak Jalan didominasi sekolah dan peserta dari unsur pemerintah Desa/Kelurahan menampilkan berbagai hiasan kostum yang mereka tampilkan.

Seperti salah satu peserta Karnaval yang mencuri perhatian bagi warga masyarakat yang datang menyaksikan itu dari Pemerintah Desa Lentu.

Mereka menampilkan hiasan dari hasil pertanian dengan mengendarai mobil mini damkar yang dimiliki oleh Desa.

Setelah penampilannya, Kepala Desa Lentu Sirajuddin mengatakan, sesuai dengan potensi yang ada didesa kita menampilkan hasil hasil pertanian, seperti padi dan kacang tanah. Ia beralasan bahwa mayoritas warganya pekerjaan 80 persen itu bertani.

“Kita menampilkan potensi desa dari sektor pertanian, selain itu kita juga memberikan secara simbolis hasil pertanian kepada para Dewan Juri,” ucapnya di hadapan awak media. Selasa (16/8/2022).

Baginya dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia RI ke 77 itu pada gelaran Karnaval itu melibatkan semua unsur yang ada didesa.

“Kita melibatkan semua unsur yang ada didesa untuk ikut serta pada bagian untuk menyemarakan Karnaval keliling, seperti, aparat desa, BPD, Karang taruna, Kader kader dan serta yang ikut terlibat,” jelasnya.

Sirajuddin, selain menampilkan potensi desa, pada kesempatan itu pula. Ia memperkenalkan kendaran operasional Damkar Mini yang dimiliki oleh desanya.

“Selain itu juga kita perkenalkan kendaraan damkar mini yang dihiasa tadi,” pungkasnya.

Kepala Desa Lentu yang baru menjabatat kurang lebih tiga tahun itu berharap, dimoment 17 Agustus ini, warga desa lebih giat dan mendukung sinergistas program program yang ada didesa.

Sementara, Kepala Camat Bonto Ramba, Nur Lewa mengatakan jika kegiatan ini merupakan bagian memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahun.

“Dengan melakukan kegiatan Jambore aparat desa, kelurahan dan anak sekolah se-Kecamatan Bonto Ramba,”ucapnya.

Olehnya, itu kegiatan karnaval ini bertujuan untuk menumbuhkan persatuan dan kesatuan dan silaturahim antara pemerintah kecamatan, desa, kelurahan se Kecamatan Bonto Ramba.

“Jadi karnaval ini tergantung sekreatif mana, apa-apa yang ditampilkan dikarnaval yang mewakili desanya masing-masing. Apakah potensi atau keberhasilan desanya kah atau pun hal unik yang mencirikan bahwa desanya seperti ini melalui barisan karnavalnya disetiap peserta,”terangnya.

Selain itu, untuk desa dan kelurahan sendiri terdiri seperangkat desa se Kecamatan Bonto Ramba.

“Mulai dari Kepala desa hingga seluruh kepala dusun dan RK berjumlah sekitar 267 orang,”sebutnya.

Penulis : Firman
Editor.  : Poppy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan