Menteri Agus Harimurti Yudhoyono Resmikan Ruang Balla Pa’jammakang di Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, MAKASSAR – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap agar banyak warga semakin berani tidak sungkan tidak malu-malu untuk datang menceritakan masalah yang dialami atas tanah, sehingga dapat segera direspon, ditangani dengan cepat dan komprehensif.

“Kita tahu, masalah pertanahan itu tidak hanya merupakan urusan ATR/BPN tapi terkait dengan banyak stakeholder, instansi dan lembaga lain yang terlibat dalam urusan tanah ini,” katanya.

Menteri AHY menjelaskan hal tersebut sesaat setelah meresmikan penggunaan ruang Balla Pa’jammakang di Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan di kota Makassar, Sabtu (27/04/2024).

Peresmian Balla Pa’jammakang sebagai ruang bebas dan terbuka bagi warga untuk menyampaikan semua masalah menyangkut pertanahan yang dihadapi, merupakan bagian dari kegiatan kunjungan Menteri AHY selama dua hari di Sulawesi Selatan.

Menteri berharap, Balla Pa’jammakang ini dapat menjadi sebuah terobosan dan bisa produktif. Tidak hanya ruangannya bagus tapi kehadirannya dapat responsif terhadap penyelesaian permasalahan pertanahan yang dihadapi warga.

Menteri juga menginformasikan, bahwa pihak ATR/BPN kini sedang merancang komunikasi yang semakin efektif, dapat memberikan informasi, mengedukasi, membangun literasi bagi publik secara luas agar dapat memahami apa yang menjadi keharusan.

Seperti seberapa penting sertipikat bagi tanah miliknya, bagaimana kita bertindak jika tanah milik diserobot mafia tanah, apa yang harus dilakukan.

“Artinya, kita ingin jelaskan kepada publik apa saja isu-isu permasalahan pertanahan yang dihadapi dan langkah-langkah yang harus diambil,” jelasnya.

AHY pun mengulang pesan Presiden RI Jokowi, bahwa pemerintah ingin pembangunan terus berproses tapi jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan atau jadi korban dari pembangunan.

Jika ada jalan akan selalu dicarikan solusi permasalahan yang terbaik.

Setelah berkeliling melihat secara langsung, mendengarkan secara langsung dari seluruh jajaran pegawai Kanwil ATR/BPN Sulsel, Menteri AHY menyatakan optimis bahwa Kanwil ATR/BPN Sulsel dapat semakin maju modern dengan berbagai inisiatif, inovasi dan kreativitasnya.

“Terima kasih kepada Kakanwil ATR/BPN Sulsel dan jajarannya yang semakin responsif terhadap segala isu pertanahan,” ucap Menteri AHY.

Selama 2 hari kunjungan kerja ke Sulsel Menteri AHY senantiasa didampingi oleh Pejabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan