Memprihatinkan Jalan Desa Mengepong Jeneponto Rusak Parah hingga Bahayakan Pengguna Pengendara

  • Bagikan

CAKRAWALINFO.CO.ID, JENEPONTO – Kondisi jalan di Desa Mangepong, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat memprihatinkan. Sebab, jalan sepanjang 3 kilometer ini sudah 17 tahun rusak parah hingga sampai saat ini.

Jalan rusak tersebut terletak di Dusun Biring Je’ne. Jalan ini merupakan akses penghubung antara Kecamatan Turatea dan Desa Paitana termasuk akses terdekat menuju Pasar Sentra Tolo, Kecamatan Kelara.

Kerusakan dimulai dari jalan berlubang hingga aspal yang sudah mengelupas. Ditambah banyaknya bongkahan bantu yang membuat kendaraan sulit menanjak. Akses jalan ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa.

Menurut warga setempat, jalan tersebut tidak pernah mendapat penanganan serius dari pemerintah daerah. Bahkan, jalan ini sering kali menimbulkan kecelakaan.

“Semasa periode pertama almarhum bupati Radja Milo, sampai sekarang tidak pernah ada perbaikan, panjang sekitar 3 km, dan ini sudah seringkali ada kecelakaan dan masuk rumah sakit,” kata warga setempat, Ian Kamaruddin kepada wartawan, Selasa 25/6/2024).

Untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, Ian bersama dengan warga lainnya harus bekerja secara mandiri untuk memperbaiki dan menutup lubang-lubang yang banyak ditemukan di sepanjang jalan tersebut.

“Seringkali kami bersama warga dan juga kepala desa patungan untuk membeli pasir sama semen, tapi itu tidak tahan karena setiap musim hujan pasti rusak kembali,” jelasnya.

Ian mengaku sudah mengusulkan perbaikan jalan kepada Dinas PUPR dan bahkan beberapa kali ditinjau. Namun, kata Ian, semua itu merupakan bentuk formalitas tanpa bukti nyata.

“Ini sudah seringkali dijanji bahkan beberapa kali ditinjau dan dipasang batas merah untuk perbaikan, tapi sampai sekarang belum ada bukti,” ungkapnya.

Ian pun meminta Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri untuk segera memperbaiki jalan tersebut. Ian khawatir, jalan itu akan memakan korban jiwa apabila tidak ditangani secepatnya.

“Kami sangat berharap kepada bapak Pj Bupati Jeneponto, untuk memperbaiki jalan yang sudah sangat parah agar tidak terjadi lagi kecelakaan yang berulang-ulang,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan