Mafia di Bulukumba Diduga Timbun BBM Subsidi Pakai Rekomendasi Dinas Kelautan

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, BULUKUMBA – Maraknya penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dikeluhkan warga lantaran sulit memperoleh BBM tersebut.

Salah seorang warga berinisial D mengatakan para mafia diduga kuat menggunakan surat rekomendasi dari dinas kelautan untuk membeli BBM subsidi.

“Penyalagunaan BBM subsidi solar di Bulukumba itu kadang dia (mafia), rekomendasi dinas di salahgunakan,” kata D saat dikonfirmasi, Kamis (20/6/2024).

Dia menjelaskan rekomendasi itu digunakan mafia untuk membeli solar dengan jumlah besar. Sementara, pemakaian nelayan hanya 20 liter.

“Artinya, 75 persen pengambilan diatas 200 liter otomatis sudah memakai rekomendasi dinas kelautan. Kalau untuk petani paling banyak itu 20 liter. Tapi kalau diatas 200 pengambilan di SPBU nelayan, itu otomatis penyalahgunaan rekomendasi,” jelasnya.

Ia menuturkan, setelah BBM tersebut diperoleh, kata dia, para mafia lalu menjualnya kembali dengan harga lebih mahal.

“Iya, di timbun baru dia jual kembali,” tegasnya.

Ia menuturkan, BBM itu baru akan dijual ketika jumlahnya sudah banyak. Dia mengatakan, solar tersebut biasanya dijual ke Morowali.

“Mafia di Bulukumba banyak menjual solar ke Morowali,” ungkapnya.

Ia juga meminta Dinas Kel untuk merevisi ulang rekomendasi tersebut. Sebab, rekomendasi itu menjadi pintu masuk para mafia BBM.

“Saya minta Dinas Kelautan bagaimana supaya bisa menertibkan ulang rekomendasi itu supaya penimbun BBM di Bulukumba jangan terjadi lagi, walaupun kita ini masih normal saja tapi alangkah bagusnya ini kita tindaki para mafia minyak, karena akhir-akhir ini kencang lagi saya lihat pengambilan BBM di SPBU-SPBU yang ada di Bulukumba,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan