Lanal Kotabaru Gelar Simulasi Latihan Uji Keterampilan Tugas Tempur Pangkalan

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, KOTABARU – Prajurit Lanal Kotabaru melaksanakan latihan uji terampil geladi tugas tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I (P-1) dan Tingkat II (P-2) yang dilaksanakan selama dua hari dengan Tim penilai dari Kolat Koarmada II, Kamis -Jumat (16/02/24).

Komandan Pangkalan TNI-AL Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro A Purbaningtyas, S.H., M.PM. menyampaikan kedatangan Tim Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I (P- I) Tingkat II (P-2) memiliki arti penting dan kontribusi yang besar guna meningkatkan kemajuan organisasi TNI-AL, khususnya bagi Lanal Kotabaru.

“Dalam hal keterampilan Pertahanan Pangkalan sesuai prosedur dan sekaligus sebagai fungsi kontrol uji ketrampilan terhadap kinerja, dan mekanisme kedinasan di Lanal Kotabaru,” Ucap Danlanal Lanal Hapsoro.

Adapun materi yang di uji meliputi Uji tertulis dan pengecekan Software/Hardware, Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI/TNI AL, Bongkar pasang senjata, Jajar kehormatan dan Valreef.

“Kegiatan ini merupakan persemayaman dan pemakaman, ziarah nasional serta tabur bunga di laut, menembak menggunakan Pistol, renang Militer, Penindakan Huru Hara, peran tempur bahaya umum, terorisme/sabtotase, peran tempur bahaya udara dan peran kebakaran,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim Uji Glagaspur Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan menyampaikan, kegiatan geladi Tugas Tempur Pangkalan diselenggarakan untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik itu perorangan maupun kelompok.

“Yang mana, kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemantapan Komando, pengendalian operasi, prosedur operasi dan pemantapan penguasaan teknik serta taktik yang tepat.” jelasnya.

Uji keterampilan ini dilaksanakan adalah sebagai agenda rutin tahunan yang merupakan bentuk penilaian terhadap penyelenggaraan latihan Pangkalan sebagai salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu latihan.

“Tujuan pelatihan tersebut untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu latihan dan hasil pembinaan pangkalan, dalam menentukan tindakan korektif yang diperlukan segera maupun dikemudian hari.” Pungkasnya.(rz)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan