KPU Kalbar Tetapkan 65 Anggota DPRD Terpilih Periode 2024-2029

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, PONTIANAK – KPU Provinsi Kalimantan Barat selesai laksanakan rapat pleno terbuka untuk menetapkan perolehan kursi dan calon anggota terpilih DPRD Provinsi Kalimantan Barat periode 2024-2029.

Rapat pleno ini digelar tiga hari setelah KPU Kalbar menerima putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dari Mahkamah Konstitusi pada Sabtu (25/5/2024).

Ketua KPU Provinsi Kalbar, M.S Budi, menyatakan “Baik penetapan perolehan kursi maupun calon terpilihnya sudah kita sahkan dan sudah disetujui oleh partai politik,” ujar Budi

Budi menyebut bahwa penetapan ini seharusnya dilakukan lebih awal. Namun, adanya sengketa PHPU di Daerah Pemilihan (Dapil) 1, maka memerlukan penyelesaian melalui Mahkamah Konstitusi.

“Sebetulnya dalam konteks penetapan perolehan kursi dan calon terpilih seharusnya sudah dari kemarin, tapi ada PHPU di Dapil Kota Pontianak,” jelasnya.

Mengenai pelantikan anggota DPRD Kalbar yang baru, Budi menyatakan bahwa jadwalnya akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan anggota DPRD yang saat ini menjabat.

Dia memperkirakan jika DPRD yang baru akan menjabat mulai September 2024.

“Kalau pelantikan tentu menyesuaikan dengan akhir masa jabatan, seingat saya bulan September itu DPRD Provinsi Kalbar berkahir,” tambahnya.

Sejumlah 65 orang calon anggota DPRD terpilih ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalbar pada rapat pleno terbuka yang nantinya akan mewakili rakyat Kalbar dari 8 daerah pemilihan (dapil). (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan