KPU Jeneponto Gelar Sosialisasi Rekrutmen Penyelenggaraan Badan Adhoc Gunakan Aplikasi SIAKBA

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Untuk mensosialisasikan rekrutmen penyelenggaraan badan adhoc dan bimbingan teknis pada penggunaan aplikasi sistem informasi anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto gelar pertemuan terhadapa ratusan peserta ikuti sosialisasi penggunaan aplikasi SIAKBA.

Sosialisasi penggunaan aplikasi SIAKBA tersebut dihadiri berbagai elemen masyarakat hingga pemuda, di Gedung Serbaguna Aisyiyah, Jalan Abdul Jalil Sikki Romanga, Kelurahan Balang Toa, Kamis, (17/11/2022).

Terlihat, para peserta ikut sosialisasi antusiasme mereka mendengarkan arahan tentang penggunaan aplikasi SIAKBA pada pendaftaran Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kordiv Sosialisasi dan Partisipasi SDM KPU Jeneponto, Sapriadi Saleh mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk bertujuan sejak saat ini masyarakat mengetahui terkait ta dengan ketentuan ketentuan dalam rekrutmen dalam badan adhoc dalam aplikasi SIAKBA, apalagi ini sudah keluar PKPU Nomor 8 Tahun 2022 tentang tata kerja Badan Adhoc.

“Iya, masyarakat mengetahui terkait dengan pembentukan badan adhoc paling utama dalam pendaftarannya melalui akun aplikasi SIAKBA. Sehingga sejak ini masyarakat mengetahui sebelum pendaftaran,” ucapnya di hadapan awak media.

Kata dia, pengenalan akun aplikasi SIAKBA ini ada beberapa menu seperti, menu pengisian identitas, kelengkapan administrasi lainnya dan pernyataan yang dibutuhkan dalam dokumen persyaratan oerekrumen badan adhoc PPK dan PPS.

“Aplikasi SIAKBA ini bakal diterapkan pada saat dimulainya pendaftaran PPK dan PPS hingga selesai pendaftarannya,” jelasnya

Sapriadi Saleh juga menambahkan, untuk PPK itu kita butuhkan Lima Orang satu Kecamatan, sehingga di Jeneponto itu ada 11 Kecamatan semuanya itu ada 55 Orang, yang mana pada pendaftarannya itu tiga kali kebutuhan dari Jumlah yang ada.

Sedangkan untuk PPS itu sesuai dengan Jumlah Kelurahan/Desa itu 113, setiapnya itu berjumlah tiga orang dengan jumlah keseluruhan yang dibutuhkan anggota PPS 339 orang.

“Ada beberapa tahapan yang dilalui mulai dari tahap pengumuman, pendaftaran dan seterusnya tahapan tahapan yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkap komisioner KPU Jeneponto itu.(*/Firman)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *