Kisah Kartini Pengusaha Bantaeng yang Rasakan Manfaat Program Unggulan Ilham Azikin Saat Jadi Bupati

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, BANTAENG – Kartini (39) adalah ibu rumah tangga di Desa Pattalassang, Kecamatan Tompobulu. Dia merintis bisnis popcorn tanpa modal sejak 2018. Awalnya, usaha yang digeluti Bersama suaminya ini terseok-seok.

Butuh biaya besar untuk modal, sementara kondisi ekonominya saat itu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Hingga akhirnya, Kartini tersentuh program bantuan modal usaha pada 2019. Dia mendapat bantuan modal senilai 24 Juta. Dia mulai membeli peralatan, sebagai modal dan memulai usaha yang diberinama UKM Cqilgur.

Tidak hanya mendapat bantuan modal. Kartini juga didampingi oleh tenaga pendamping yang disiapkan oleh pemerintah. Tenaga pendamping ini membantu mengembangkan usaha Kartini.

Mulai dari kemasan, manajemen bisnis hingga pemasaran. Selama proses itu, Kartini tidak dibebani biaya apapun. Dia bahkan tidak mendapat beban untuk mengembalikan bantuan modal yang diberikan pemerintah.

“Tidak ada saya bayar apa-apa. Cuma dibantu kembangkan bisnis. Sampai pemasarannya, dibantu pemerintah,” kata Kartini saat menerima kunjungan Ilham Azikin di Desa Pattallassang, beberapa Waktu lalu.

Kartini mengaku, usahanya mulai berkembang saat itu. Bisnisnya mulai merambah ke daerah lain. Karena orderan semakin meningkat, dia lalu merekrut tenaga kerja. Dia melibatkan tetangga dan keluarganya untuk membantu usahanyanya itu.

Sekarang usaha Kartini semakin bertumbuh. Dia mendapatkan keuntungan hingga Rp7 juta per bulan. Itu sudah membiayai Sembilan orang karyawannya, setiap bulan.

“Sekarang sudah sembilan orang karyawannya,” jelas dia.

Kartini sendiri mengaku mengalami peningkatan ekonomi berkat program bantuan modal yang diinisiasi Ilham Azikin saat menjabat sebagai Bupati Bantaeng periode 2018-2023.

Dalam dua tahun, dia sudah bisa membeli mobil operasional. Dia juga sudah bisa umroh Bersama keluarga berkat program itu.

“Sekarang bisnis ini sudah mulai kuat. Semoga bisa buka cabang di beberapa daerah di Sulsel,” kata dia.

Bupati Bantaeng periode 2018-2023, DR Ilham Azikin mengaku senang mendengar kabar berkembangnya usaha Kartini saat ini.

Dia menyebut, program itu adalah salah satu program unggulan yang tertuang dalam visi dan misi saat dia memimpin Bantaeng. Program ini diakui secara nasional dapat memperkuat ketahanan usaha kecil masyarakat Bantaeng.

“Kepentingan kita hanya satu, kalau usaha seperti ini sudah bisa merekrut karyawan. Itu sudah sangat baik,” kata Ilham.

Dia berharap usaha Kartini ini bisa diperluas lagi untuk pengusaha lainnya di Bantaeng. Oleh karena itu, jika Kembali terpilih di periode kedua, Ilham Azikin berjanji akan mengembangkan usaha itu sampai di tingkat RT.

“Jadi cakupannya bisa lebih luas. Sehingga semakin banyak pengusaha-pengusaha kecil yang mengikuti jejak ibu Kartini untuk sukses,” jelas dia. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan