Kemenpora RI Percayakan Jeneponto sebagai Penyelenggara Event Kejuaraan TARKAM 2024

  • Bagikan
Kemenpora RI Percayakan Jeneponto sebagai Penyelenggara Event Kejuaraan TARKAM 2024

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jeneponto menggelar Event Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) Tahun 2024 sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Jeneponto ke-161 tahun 2024.

Event Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) ini dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga KEMENPORA RI, Dr. Drs. SAMSUDDIN, SH., MH., M.Pd dengan dihadiri oleh Perwakilan Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto, serta Jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jeneponto bertempat di Lapangan Parang Passamuturukan (Pastur) pada Jum’at (10/05/2024).

Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga KEMENPORA RI, Dr. Drs. Samsuddin, SH., MH., M.Pd, dalam sambutannya saat membuka Kejuaraan Antar Kampung di Kabupaten Jeneponto menjelaskan bahwa “jadi inilah yang akan kita hidupkan kembali adalah kegiatan antar kampung, olahraga antar kampung dengan sportifitas dan persahabatan dan memunculkan bibit atlet di Daerah Kabupaten Jeneponto yang akan bersaing di tingkat nasioal maupun di tingkat dunia,” papar Dr. Samsuddin.

Dr. Samsuddin juga memaparkan bahwa, Daerah Kabupaten Jeneponto adalah merupakan salah satu titik pelaksanaan TARKAM 2024 dari 100 titik yang dipilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI).

“TARKAM Tahun ini dilaksanan di 100 titik dan di Kabupaten Jeneponto adalah salah satunya,” ungkapnya.

Oleh karena itu Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga KEMENPORA RI, Dr. Drs. SAMSUDDIN, SH., MH., M.Pd, berharap bahwa “Semoga Event TARKAM di Kabupaten Jenponto ini akan menjadi sebuah potensi untuk menggali para bibit Atlet kita yang ada di Kabupaten Jeneponto, oleh karena itu disikapi dengan baik untuk meningkatkan olahraga supaya hidup di tengah-tengah masyarakat. Pertandingan-pertandingan di hidupkan, kejuaraan-kejuaraan di hidupkan dan ini adanya di Dispora Kabupaten Jeneponto dan Provinsi juga senantiasa mensupport untuk menghidupak olahraga di Kabupaten Jeneponto,” harap Dr. Samsuddin.

Dalam menutup sambutannya, Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga KEMENPORA RI, Dr. SAMSUDDIN menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kabupaten Jeneponto yang telah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) tahun 2024.

“Terima kasih atas tuan rumahnya Kabupaten Jeneponto ini, saya juga bangga terkait dengan tuan rumah ini, semoga ini menjadi kebangkitan olahraga di Kabupaten Jeneponto. Semoga Event Kejuaraan Antar Kampung ini berjalan dengan sukses dan lancar,” tutup Dr. Samsuddin.

Sementara itu, Pj. Bupati Jeneponto juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KEMENPORA RI karena menjadikan Kabupaten Jeneponto sebagai tuan rumah pelaksanaan TARKAM Tahun 2024.

“Masyarakat Kabupaten Jeneponto bergembira ria, berbangga hari karena Alhamdulillah kita bisa melaksanakan salah satu event nasional, kita bisa dipercaya sebagai penyelenggara Kejuaraan Antar Kampung yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Oleh karena itu kami bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Jeneponto mengucapkan terima kasih kepada KEMENPORA atas kepercayaan yang diberikan kepada kami di Kabupaten Jeneponto,” ungkap Pj. Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri.

Pj. Bupati Jeneponto menambahkan bahwa “kami di Jeneponto ini memang kalau kita berbicara dari perspektif olahraga, maka banyak teman-teman kami, banyak saudara-saudara kami, banyak warga kami yang punya talenta dan bakat untuk bagaimana kita mendorong tumbuh kembang penggunaan olahraga di Sulawesi Selatan pada khususnya dan secara nasional pada umumnya,” tambah Junaedi Bakri.

Selain itu, Sekretaris Dispora Kabupaten Jeneponto, Rusman M. Rukka yang juga selaku ketua panitia pelaksana kegiatan TARKAM di Kabupaten Jeneponto menyampaikan bahwa “tujuan dari penyeleggaraan ini adalah menggeliatkan olahraga agar menjadi lifestyle atau gaya hidup yang tidak hanya di Kota, tapi kita akan menfokuskan agar bagaimana olahraga itu dikenal juga oleh masyarakat umu dan masyarakat luas di wilayah Desa dan Kelurahan,” pungkasnya.

Sekdispora juga melaporkan terkait pelaksaan TARKAM 2024 di Kabupaten Jeneponto bahwa “Cabang Olahraga yang diperlombakan pada event kali ini ada 4 cabang olahraga, yaitu, Fun Run 5K, lomba senam, permainan bola volly dan permainan bulu tangkis. Untuk Fun Run 5K yang dilepas oleh Pj. Bupati Jeneponto dan kita saksikan bersama-sama itu berjumlah 300 orang peserta dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja dan dewasa,” ungkap Sekdispora Jeneponto, Rusman M. Rukka.

Untuk diketahui, Event Kajuaan Antar Kampung (TARKAM) yang diselenggarakan oleh KEMENPORA RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupupaten Jeneponto dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 10 s/d 12 Mei 2024 dengan 4 cabang olahraga yaitu Fun Run 5K, Senam, permainan Bola Volly dan Permainan Bulu Tangkis. (Nwr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan