Kejagung RI Bakal Periksa Menpora Dito Terkait Korupsi BTS Kominfo

  • Bagikan
Menpora Dito Ariotedjo

CAKRAWALAINFO.ID, JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejagung) RI bakal memeriksa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Tranceiver Station (BTS) dan infrastruktur pendukung Kominfo periode 2020-2022.

Rencananya, Menteri termuda dalam Kabinet Presiden Jokowi ini akan dipanggil Kejagung RI besok.

“Betul, diperiksa Senin,” kata Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah saat dikonfirmasi awak media, Minggu (2/7/2023).

Menurut Febry, Dito akan dipanggil sebagai status saksi dalam kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Tranceiver Station (BTS) dan infrastruktur pendukung Kominfo periode 2020-2022.

“Sebagai saksi pengadaan infrastruktur BTS,” katanya.

Seperti diketahui, kasus dugaan korupsi BTS Kominfo ditaksir menelan kerugian negara Rp 8,32 triliun dan menjerat 8 tersangka.

Enam dari delapan tersangka sudah berstatus  terdakwa yang kini dalam proses pembuktian di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Di antaranya Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Galubang Menak (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Yohan Suryanto (YS) selaku tenaga ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020, Mukti Ali (MA) tersangka dari pihak PT Huwaei Technology Investment dan Irwan Hermawan (IH) selaku Komisaris PT Solitchmedia Synergy pada 22 Mei 2023.

Dan paling teranyar adalah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate.

Sedangkan dua tersangka lainnya saat ini masih melengkapi berkas perkara yaitu Windi Purnama, selaku orang kepercayaan dari tersangka Irwan Hermawan (IH) dan Muhammad Yusrizki, Direktur PT Basis Utama Prima (BUP) yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Energi Terbarukan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Menkominfo nonaktif, Johnny G Plate bersama dua terdakwa lainnya Anang Achmad Latif dan Yuhan Suryanto telah melewati sidang perdana untuk mendengarkan dakwaan di PN Tipikor Jakarta Pusat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan