Hasil Survei Pilkada Bantaeng: Elektabilitas Fathul Fauzy Nurdin-Sahabuddin Kalahkan Ilham Azikin-Nurkanita

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, BANTAENG – Mantan Wakil Bupati Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sahabuddin meraih elektabilitas tertinggi menjelang Pilkada 2024. Hal itu berdasarkan temuan survei CIG Mark.

Dalam survei tersebut, nama Sahabuddin berada di posisi pertama bakal calon wakil bupati berdasarkan pertanyaan terbuka terkait dengan siapa yang menjadi top of mind atau disebut pertama kali oleh responden.

“Seandainya pemilihan langsung bupati kabupaten bantaeng dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai wakil bupati?,” demikian bunyi keterangan dari CIG Mark yang dikutip, Rabu (26/6).

Survei menyebut, Sahabuddin mendapatkan 20,0 persen, Nurkanita Maruddani Kahfi 6,5 persen, Andi Sugiarti Mangun Karim 5,6 persen, M. Fathul Fauzy Nurdin 5,3 persen, dan Ilham Syah Azikin 3,0 persen. Kemudian, responden belum memutuskan atau tidak jawab 59,8 persen.

“Untuk wakil bupati, yang tertinggi adalah Sahabuddin 20 persen dan yang lainnya hanya berada dibawah 10 persen serta belum memutuskan atau tidak menjawab sebesar 59,8 persen,” jelasnya.

Selain itu, Lembaga CIG Mark juga merilis hasil survei dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng. Dua pasangan itu yakni M Fathul Fauzy Nurdin – Sahabuddin dan Ilham Syah Azikin – Nurkanita Maruddani Kahfi.

Hasil survei periode Juni 2024 ini menempatkan pasangan M Fathul Fauzy Nurdin-Sahabuddin dengan tingkat elektabilitas 55.0 persen.

Kemudian disusul Ilham Syah Azikin-Nurkanita Kahfi dengan elektabilitas sebesar 33.5 persen. Adapun responden yang belum memutuskan atau tidak menjawab yakni 11.5 persen.

Tak hanya itu, CIG Mark juga menampilkan simulasi opsi bakal calon wakil mendampingi Ilham Syah Azikin yakni Andi Sugiarti Mangun Karim. Namun, elektabilitas Ilham Syah justru merosot diangka 33.3 persen.

Sementara itu rivalnya, M Fathul Fauzy Nurdin-Sahabuddin juga akan turun menjadi 54.8 persen dengan total 12.0 persen responden yang tidak menjawab.

Sementara itu, bakal calon Bupati Bantaeng, M. Fathul Fauzy Nurdin mengaku semakin semangat setelah melihat hasil surveil simulasi tersebut.

“Insyaallah menjadi penyemangat,” katanya kepada wartawan, Rabu hari ini.

Anak mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah itu mengatakan, hasil survei bukan akhir dari perjuangan. Dia menganggap, hasil survei ini sebagai bentuk semangat untuk bekerja dilapangan.

“Jelas ini adalah gambaran, tapi tidak mengurangi semangat kita untuk terus bekerja,” ucapnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya telah mengamankan Golkar dan PKS sebagai partai pengusung di Pilkada Bantaeng. Dua parpol ini memiliki kursi lebih untuk maju bertarung.

“Insyaallah Golkar-PKS, tapi berharap ada lagi partai yang bergabung. Sudah lebih dari cukup (jumlah kursi), persyaratan 6 kursi, Golkar 4 dan PKS 5,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan