Hasil Pemetaan TPS KPU Jeneponto Alami Perubahan Jumlah, Sapriadi: Belum Final

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melalukan pemetaan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada 2024. Hasilnya, jumlah TPS tersebut sebanyak 548.

“Iya kita sudah lakukan pemetaan TPS, untuk sementara sesuai hasil pemetaan itu sebanyak 548 TPS,” kata Divisi Data dan Perencanaan KPU Jeneponto, Sapriadi Saleh, Jumat (14/6).

Sapriadi mengatakan, jumlah tersebut berkurang dari Pemilu 2024 sebanyak 1.097.

“Iya berkurang dari pemilu sebelumnya. TPS pemilu 1.097,” jelasnya.

Mantan ketua KPU Jeneponto itu menuturkan, data ini masih bisa berubah tergantung hasil coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Ini belum final yah, karena ini hanya langkah awal dan dasar dalam memuktahirkan daftar pemilih dan perekrutan pantarlih,” ungkapnya.

Ia menegaskan, adanya perbedaan TPS di Pileg dan Pilkada disebabkan, batas maksimal yaitu 300 DPT per TPS. Sedangkan DPT di setiap TPS untuk pilkada memiliki batas maksimal yang lebih banyak dibanding pileg yaitu 600 DPT.

“Dari jumlah pemilih per TPS di pilkada paling banyak 600 pemilih. Sedangkan di pemilu paling banyak 300 pemilih per TPS,” tandasnya.

Diketahui, sebelumnya KPU Kabubupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan pemetaan terhadap tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Pemetaan ini merupakan langkah awal untuk menentukan jumlah dan lokasi TPS.

“Iya, sementara kami lakukan pemetaan TPS untuk Pilkada. Iya betul, ini merupakan langkah awal untuk menentukan jumlah TPS pada Pilkada 2024,” kata Kordiv Data dan Perencanaan KPU Jeneponto, Sapriadi Saleh, Minggu (2/6) lalu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan