Hadiri Syukuran HUT Dekranasda Ke-44, Hj. Mary Hani Kenalkan Batik Bajumpe di Kancah Nasional

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, SOLO — Tim Dekranasda Kabupaten Banyuasin yang dipimpin langsung Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin, Hj. Marry Hani menghadiri Peringatan Syukuran HUT ke-44 Dekranasda yang diselenggarakan di Ballroom Alila Hotel, Rabu (15/5).

Peringatan Syukuran ini sekaligus juga pembukaan Expo Dekranas tahun 2024. Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) membuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong sebagai tanda rangkaian HUT ke-44 Dekranas yang dipusatkan di Kota Solo, 15-18 Mei 2024 dibuka.

“Dengan mengucap Bismillah, saya buka Dekranas Expo 2024 ini,” ujar Ibu Negara.

Sebagai tradisi masyarakat Indonesia dalam memperingati hari spesial, gelaran ini pun disertai dengan melakukan potong tumpeng.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memeberikan potongan tumpeng pertama kepada Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin yang didampingi Ketua Harian Dekranas, Ketua Panitia HUT Dekranas 2024, Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, dan Ketua Dekranada Kota Surakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin hadir didampingi Ketua DPW Kabupaten Banyuasin, Marisa Utami Erwin Ibrahim. Mereka mengenakan baju Batik dengan corak khas Kabupaten Banyuasin yang diberi nama Bajumpe, yang merupakan singkatan dari Batik Jemputan Pedede.

Batik Bajumpe ini merupakan hasil karya asli industri kecil menengah (IKM) binaan Dekranasda Kabupaten Banyuasin.

Hj. Marry Hani menyampaikan dengan memakai Bajumpe dirinya berharap lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal kekayaan alam Banyuasin.

“Ini kan acara level nasional, dengan memakai Bajumpe, bercerita dengan berbagai wakil dari seluruh Indonesia tentang Bajumpe, tentunya akan membuat Bajumpe semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia” Demikian harapan beliau.

Selesai Syukuran HUT Dekranasda ke-44 dilanjutkan dengan meninjau stand pameran Dekranasda Expo Tahun 2024 dan Pawai Kendaraan Hias dari seluruh Dekranasda seluruh Indonesia. (*)

Penulis: Ida
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan