Festival Budaya Takalar, Menarik Perhatian Ribuan Warga Berbagai Wilayah Sul-Sel

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, TAKALAR-
Pemuda di lingkungan Jamarang, Kelurahan Bontolebang, Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Menggelar festival Budaya. Kamis (14/07/22).

Festival budaya kali ini, menarik perhatian ribuan warga dari berbagai wilayah di Sulawesi-Selatan.

Dalam festival budaya tersebut, panitia mengadakan berbagai macam pertunjukan untuk mengibur tamu yang datang

Ketua Panitia, Nulinda Taco Menerangkan
“Pertunjukan festival budaya ini, Ada lomba perahu, panjat pinang, tari-tarian penyambutan tamu kehormatan, ada juga pertunjukan ekstrim, seperti baku tikam didalam sarung (Assitobo Ilalang Lipa’), itu dilakukan oleh Orang terlatih”

Festival Budaya ini juga dihadiri oleh tamu, seperti sejumlah Raja-raja, di Sulawesi Selatan, Komandan Lantamal, Kapolres Takalar, Dandim 1426 Takalar, Bupati Takalar hingga Sejumlah Pemerhati Budaya.

Dalam sambutannya Nurlinda Taco mengungkap jika kegitan ini dilakukan setiap tahunnya, namun konsepnya, kata dia, ia memilih konsep lebih kekinian, dengan mendorong kreativitas pemuda.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya, kegotong-royongan, sipakatau, sipakalabburi dan sipaainga.

“Jadi tujuan lain yang tidak kalah pentingnya adalah, bagai mana kegiatan ini bisa menjadi pundasi bagi kegiatan-kegiatan positif lainnya bagi generasi muda kita kedepannya”Jelas Nurlinda Taco.

“Jadi ada kegiatan prosesi adat, seperti ziarah makam ke Karaeng Jamarang, dimana beliau ini adalah leluhur kita yang pernah menjaga dan mempertahankan wilayah ini pada zamannya”Sambung Nurlinda.

Kegiatan ini dilakukan, sebagai bentuk kecintaan, penghormatan dan kecintaan kepada Karaeng Jamarang, sehingga dibuatlah Festival Budaya tersebut.

“Kita juga membuat festival kuliner, seperti abburasa, itu burasa banyak sekali, dan semua tamu yang hadir dipersilahkan masuk kerumah manapun untuk mencicipi makanan yang telah disediakan secara gratis”Tutupnya.

Penulis : Alam
Editor. : Poppy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan