Evaluasi Standar Pelayanan, RSUD Jeneponto Gelar Forum Konsultasi Publik

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Manajemen Rumah Sakit Umum (RSUD) Lanto Dg Pasewang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggelar Forum Konsultasi Publik RSUD yang difasilitasi oleh Bagian Organisasi Setda Jeneponto bersama Dinas Kesehatan, Dinsos, BPJS, unsur Forkopimda dan. Dengan tema “Pemantauan Evaluasi Standar Pelayanan Publik”.

Selain itu, dihadiri undangan stakeholder terkait yakni unsur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, media masa, organisasi/lembaga sosial kemasyarakatan dan pengguna layanan.

FKP merupakan kegiatan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat untuk membahas keluhan pelayanan, ataupun permasalahan terkait pelayanan publik dalam hal transparansi dan efektivitas untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Ini sesuai dengan UU 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, PP 96/2012, dan PermenpanRB 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Dengan tujuan memperoleh pemahaman hingga solusi, antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat, antara lain pembahasan rancangan, penerapan, dampak, dan evaluasi keluhan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan sehingga diperoleh pelayanan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Direktur RSUD Jeneponto, dr Siti Pasriany yang di wakili oleh Kabid Pelayanan sekaligus Plt Kabag Administrasi Umum dan Keuangan, Nur Tayeb membuka acara ini.

Nur Tayeb menyampaikan, besar harapan kegiatan forum komunikasi ini dapat berjalan dengan lancar dan segala upaya untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang ada di Kabupaten Jeneponto dapat terus ditingkatkan.

“Standar Pelayanan, maklumat pelayanan, dan Pengaduan Masyarakat melalui berbagai media pengaduan yang tersedia, ini bagian untuk dapat memperbaiki dan terus meningkatankan pelayanan”, terangnya

Adapun nilai indeks kepuasan masyarakat tahun 2024 triwulan 1 Januari sampai maret adalah 88,21 dengan nilai baik, Februari 87,55 baik, Maret 88,74 sangat baik.

“Kedepannya RSUD akan melakukan beberapa perbaikan pelayanan dengan harapan bisa memberikan pelayanan terbaik yang lebih memuaskan kepada masyarakat”, ucapnya.

Kepala Seksi Pengembangan Mutu dan Akreditasi UPT RSUD Lanto Dg Pasewang Jeneponto, Ratna Basir menguraikan, tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif. Survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap rumah sakit

“Survei dilakukan secara periodik dari 3 buan, 6 bulan sampai 1 tahun. Survei ini dilakukan di rumah sakit dan dimasyarakat dengan mengajukan pertanyaan kepada masyarakat dengan 9 unsur”, sebutnya.

Setelah pemaparan dan diskusi dilaksanakan, diakhiri dengan Penandatanganan Bersama Berita Acara Forum Konsultasi Publik oleh stakeholder terkait. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan