DPC IPJT Pekalongan Raya Gelar Rakor Antar Pengurus dan Anggota Sekber

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.id, PEKALONGAN — Dalam rangka koordinasi dan konsolidasi antar pengurus dan anggota Sekber Insan Pers Jawa Tengah (IPJT), DPC Pekalongan Raya menggelar acara rapat bulanan di kediaman rumah Ketua IPJT Pekalongan Raya. Minggu (20/12/2020).

Ketua IPJT Pekalongan Raya mewanti-wanti agar selaku insan pers/wartawan harus dapat bekerja secara profesional dengan berpedoman pada undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.

Tolong bagi teman-teman wartawan yang melakukan kegiatan jurnalistik untuk dapat menjaga marwah wartawan sebagaimana kita menjaga nama baik dan martabat sebagai orang yang profesional, karena sesungguhnya wartawan adalah jabatan profesi yang mulia. Baik buruknya negara juga tergantung hasil tulisan wartawan asalkan berdasarkan bukti dan fakta yang ada di lapangan,” terang Ali dihadapan pengurus dan anggota IPJT Pekalongan Raya.

Lebih jauh dikatakan bahwa saat ini marak isyu banyaknya wartawan yang menjadin”target” pihak aparat hukum karena diduga melakukan tindakan ancaman, menakut nakuti dan memaksa untuk memberikan sejumlah uang agar kasusnya tidak di ekspos/ diberitakan.

Kita tidak usah takut dengan adanya penegakan hukum oleh aparat, karena bila memang ada temuan penyimpangan dan ada bukti-bukti, saksi dan sesuai apa yang di lapangan, jangan segan segan untuk dilaporkan dan diberitakan,” tegas Ali.

Dan saya berharap aparat hukum juga harus tidak tebang pilih dalam penegakan hukum ” tegas Ali menanggapi banyaknya oknum wartawan yang diduga melakukan tindak pemerasan,” sambungnya.

Sementara itu ketua DPC LSM Gempur Kabupaten Pekalongan yang juga wartawan, Durat mengusulkan agar minta kejelasan/ konfirmasi kepada Kapolres Pekalongan yang akan menindak tegas terhadap oknum wartawan yang diduga melakukan pemerasan di wilayah atas yaitu daerah Paninggaran dan Lebak Barang.

Saya berharap adanya penjelasan Kapolres Pekalongan terkait informasi itu, agar jelas siapa kades yang merasa diancam, ditakut takuti dan diperas. Sehingga tidak disamaratakan oknum wartawan pemeras,” pinta Durat.

Adapun agenda rapat diantaranya membahas rencana bakti sosial dan family gathering.
Untuk kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Pebruari 2021 mendatang.

Ya… kita rencana akan ada baksos untuk internal anggota IPJT dan masyarakat yang sumber dananya dari masing masing anggota IPJT,” terang Ali.

Selanjutnya diharapkan kepada seluruh pengurus dan anggota IPJT Pekalongan Raya agarselalu menjaga kekompakan dan kebersamaan, karena IPJT merupakan rumah wartawan yang harus dijaga dan dirawat agar terlihat indah oleh masyarakat.

• Penulis : Edy | • Editor : Nawir

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan