Disdukcapil Jeneponto Target 2 Ribu Orang Pemilih Pemula Rekam e-KTP Jelang Pilkada 2024

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), menargetkan 2 ribu orang pemilih pemula untuk perekaman e-KTP menjelang Pilkada 2024.

Kepala Dinas Disdukcapil Jeneponto, Mustaufiq mengatakan bahwa target itu akan rampung pada bulan Agustus.

“Jadi kami dari Disdukcapil untuk saat ini sementara melakukan pemantapan data dan target kita sampai dengan bulan September nanti, seluruh wajib E-KTP yang kita prediksi mencapai kurang lebih 2 ribu itu sudah dilakukan perekaman,” katanya, Selasa (21/5).

Dari target tersebut, 200 orang diantaranya telah melakukan perekaman KTP elektronik dan masih sebanyak 1.800 orang belum perekaman. Pihaknya telah menurunkan seluruh pegawai untuk perekaman di semua wilayah.

“Untuk saat ini data yang sudah masuk setelah kita jemput bola dilapangan kita sudah mendatangi 6 kelurahan, dengan jumlah yang sudah terdata itu kurang lebih 200 orang, artinya masih ada 1.800 orang,” jelasnya.

Mustaufik menuturkan, tiga kecamatan seperti Bangkala-Bangkala Barat dan Binamu memiliki jumlah pemilih pemula terbanyak.

“Untuk wilayah sendiri, ini sementara kita lakukan penyisiran dan melakukan validasi data kami prediksi itu untuk wilayah Bangkala-Bangkala Barat dan Binamu yang menjadi skala banyak mungkin, karena melihat dari jumlah peserta didik tersebar di tiga kecamatan,” ungkapnya.

Sedangkan, 8 kecamatan lainnya, kata dia, disebut juga memiliki jumlah pemilih pemula yang relatif hampir sama.

“Untuk wilayah lain itu variatif juga, seusai dengan hasil perekaman dilapangan yang dilakukan, ada paling minim itu sekitar kecamatan Bontoramba dengan Tarowang. Kalau kira rata-ratakan dari 11 kecamatan itu tinggal kita bagi saja, kalau satu kecamatan itu kurang lebih 100 orang,” terangnya.

Ia mengatakan akan terus memaksimalkan target 2 ribu orang tersebut guna memaksimalkan hak pilih masyarakat saat pesta demokrasi tiba.

“Kita akan maksimalkan karena sesuai intruksi bapak bupati bahwa seluruh pelayanan terkait dengan administrasi kependudukan di Kabupaten Jeneponto harus tuntas sebelum pemilihan Pilkada dan Pilgub kedepan, sehingga target kita tiga bulan kedepan semua sudah rampung,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan