Desa Tulis Adakan Pagelaran Wayang Kulit Nguri Uri Tradisi Ruwat Bumi 

  • Bagikan

 

CAKRAWALAINFO.CO.ID|Batang – Ratusan warga dari Desa Tulis berbondong-bondong menyaksikan pagelaran wayang kulit dan permainan gamelan dalam acara Sedekah Bumi yang diselenggarakan di Desa Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Minggu, (26/6/2022).

 

Hadir dalam acara Pagelaran Wayang ini Kepala Desa, Sekdes beserta Perangkat serta Camat Tulis, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Tulis beserta tokoh masyarakat tokoh pemuda dan masyarakat sekitar. Dalam Pagelaran Wayang ini bertema Wahyu Senopati yang diisi oleh KI Dalang Joko Siswoyo dari Salatiga.

 

Solihin selaku Kepala Desa Tulis menuturkan bahwa acara tradisi sedekah bumi rutin dilaksanakan setiap tahun setelah panen. Akan tetapi kegiatan rutinitas ini sempat terhenti selama 2 tahun dikarenakan adanya pandemi Covid 19.

 

“Disamping sebagai tanda dimulainya bercocok tanam tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian rezeki yang cukup melimpah berupa hasil panen padi ”ujar Kades .Sabtu (25/6)

 

Nampak begitu meriah dengan adanya tontonan/tuntunan wayang kulit ini dikarenakan setelah sekian lama warga menahan diri untuk bertahan dalam situasi pandemi .

 

Ditambahkan Solihin selaku kepala desa tulis juga mengatakan,

 

” Wayang merupakan seni adi luhung yang berperan penting dalam rangka pengembangan dan pembentukan moral bangsa, sehingga ke depan bangsa kita menjadi bangsa yang besar, bangsa berkarakter dan bangsa yang adiluhung,” harapnya.

 

Seni wayang sudah diakui oleh dunia lewat UNESCO sejak 07 November 2003. Sehingga sebagai pewaris wayang, kita memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan dan mengembangkannya.

 

Ditempat yang sama, Katimin sebagai ketua panitia kegiatan ini juga mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya sedekah bumi ini.

 

“Saya sebagai Ketua Panitia Kegiatan Sedekah Sedekah Bumi tahun 2022, merasa bangga dan terharu melihat kerjasama dan kekompakan perangkat desa dan warga masyarakat Desa Tulis yang bersinergi untuk menyelenggarakan dan memeriahkan Tradisi Sedekah Bumi tahun ini, semoga di tahun depan akan lebih meriah lagi,” ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan