Bombang Mapparennu Gaun Karya Desainer Lokal Pinrang Raih Juara Favorit Fashion Show Dekranasda Sulsel

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, PINRANG – Gaun yang dipamerkan Dr. Uswatun Hasanah Ahmadi–istri Penjabat Bupati Pinrang, mampu membawa Kabupaten Pinrang menjadi juara favorit pada ajang Fashion Show Dekranasda se – Sulawesi Selatan.

Lomba yang menjadi rangkaian kegiatan Sulsel Menari tersebut digelar di Lego – Lego CPI Kota Makassar, Jumat – Sabtu (14-15/6/2024).

Gaun yang diikutsertakan adalah Bombang Mapparennu, yang merupakan hasil desain langsung oleh desainer lokal Bumi Lasinrang, Risma berkolaborasi bersama Tawang.

”Penggunaannya menunjukkan dedikasi untuk melestarikan warisan budaya dan kearifan lokal, serta mengintegrasikannya ke dalam busana kontemporer,” kata Risma, kepada media saat dikonfirmasi di Pinrang, Minggu (16/6).

Owner Rumah Jahit Brism dan Butik Hatije ini menjelaskan, gaun hasil karyanya itu menyiratkan makna pancaran keindahan alam dan budaya Desa Ujung Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Yang, mencerminkan kekayaan Filosofi dan estetika daerah ini melalui pilihan bahan dan desain yang mendalam.

Kain tenun Desa Lero, lanjut Risma, merupakan wujud kerajinan tangan yang kaya akan makna budaya dan sejarah.

Selain itu, ada juga bahan berupa renda payet yang menghiasi gaun, mewakili ombak pantai Desa Ujung Lero yang mencerminkan keseimbangan dan harmoni dalam kehidupan masyarakat pesisir.

Payet tersebut, katanya, sengaja dibuat berkilauan, sebagaimana cahaya matahari yang memantul di permukaan air laut, menambah dimensi, serta menciptakan kesan mewah dan indah.

Tak hanya itu, ada juga penyematan kain crepe silk crinkle berwarna emas, melambangkan pasir dan garis pantai Desa Ujung Lero yang selalu dirindukan.

Tekstur crinkle pada kain meniru tekstur alami pasir dan jejak ombak yang tertinggal di pantai, memberikan sentuhan realistis dan kedalaman pada desain.

Warna emas melambangkan kekayaan, kemakmuran, dan kehangatan matahari yang menyinari pantai.

“Ini juga mencerminkan kebanggaan dan aspirasi masyarakat lokal akan kemakmuran dan keindahan alam mereka,” papar Risma.(NH)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan