Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Sentra Gakkumdu

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, JENEPONTO- Badan Pengawas Pemilihan Umum( Bawaslu) Jeneponto melakukan rapat koordinasi bersama dengan Polres Jeneponto dan Kejaksaan Jeneponto.

Rapat tersebut dilakukan pembahasan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam menghadapi Pemilu 2024, Jumat, (16/09/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto Saiful menyampaikan rapat hari ini merupakan rapat koordinasi dengan aparat kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) serta mendengar arahan serta masukan dari kepolisian dan kejaksaan untuk kedepannya dalam melakukan penanganan pelanggaran pidana pemilu 2024.

UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan dengan tegas, bahwa kewenangan penanganan pelanggaran administrasi pemilu berada di Bawaslu.

“Kecuali ketika ada pelanggaran pidana pemilu, maka Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan bersama-sama melakukan penindakan,” terangnya.

Sementara itu Kapolres jeneponto juga menyampaikan berharap agar tetap menjaling solidaritas dan kerja sama dalam penanganan pelanggaran pidana pemilu.

“Kita harap atas terbentuknya Gakkumdu ini, bisa menjalan solidaritas dan kerja sama dalam penanganan pelanggaran pidana pemilu,”ucap Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono.

Selain itu Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum), Kejaksaan Negeri Jeneponto Zainal Abidin Salampessy mengatakan jika ada pelanggaran baik laporan maupun temuan lebih awal kami akan mempelajarinya demi mengefisienkan waktu penanganan pelanggaran.

Ketiga lembaga tersebut bersepakat untuk lebih mengutamakan penanganan pelanggaran pidana pemilu yang masuk pada Sentra Penegakan Hukum Terpadu(Gakkumdu) untuk mempercepat penanganannya dikarenakan ada batasan waktu penanganan ketimbang dari waktu penanganan pada perkara lain.

Penulis : Ig
Editor.  : Poppy

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.