4 Calon Jemaah Haji Embarkasi Batam Dilaporkan Meninggal Dunia di Tanah Suci

  • Bagikan

CAKRAWALAINFO.CO.ID, BATAM – Empat calon haji Embarkasi Batam dilaporkan wafat di Tanah Suci, Madinah dan Makkah, Arab Saudi.

Berdasarkan catatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, keempat calon haji tersebut berasal dari Riau.

“Dari empat calon haji itu, 3 orang meninggal dunia di Madinah dan satu orang lainnya meninggal di Makkah,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii, Sabtu (2/6/2024).

Empat calon haji yang meninggal dunia yaitu, Sunarti Djoyo Kemis (67) tergabung dalam kloter BTH-7, Sibus Bin Kanenduasin (70) tergabung dalam kloter BTH-10.

Kemudian Zaini Idris Bin Shalihin (75) tergabung dalam kloter BTH-7, Supriadi Achmad Suchemi (81) tergabung dalam kloter 9.

Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) 2024 menyebut jemaah calon haji yang meninggal di Tanah Suci memiliki risiko tinggi terhadap kondisi kesehatan.

Penyakit yang diidap pada calon haji itu di antaranya, syok kardiogenik, gangguan pernapasan, dan gangguan jantung. Syafii mengatakan tiga calon haji dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah.

“Satu orang lainnya di pemakaman Syaraya Makkah,” ujar dia.

Empat jemaah calon haji yang meninggal tersebut dilindungi oleh asuransi jiwa.

Tidak hanya yang meninggal, dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 ini Pemerintah Indonesia memastikan seluruh jemaah haji Indonesia terlindungi oleh asuransi jiwa dan kecelakaan

“Sebagai bagian dari pelindungan, jamaah haji reguler Indonesia akan mendapatkan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan,” kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Asuransi diberikan kepada jamaah calon haji Indonesia sejak masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika mereka masih berada di asrama saat pemulangan (MI)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan